Perbedaan Antara Internet Dedicated dengan Internet Broadband (Up To)

Published by Falcom01 Thursday, 14 December 2023

Dalam dunia Digital terdapat dua istilah yang sering kali kita dengar, yaitu istilah internet Dedicated dan Internet Broadband (Up To).
kedua istilah ini seringkali digunakan oleh para penyedia layanan internet jaringan untuk mangklasifikasi jenis layanannya.
karena kedua jenis internet  ini memiliki perbedaan, terutama dari segi peruntukan dan kecepatannya. Lalu manakan dari kedua layanan internet ini yang sebaiknya ita pilih,
sebelum memutuskannya Simak dulu penjelasan dibawah ini mengenai kedua perbedaan layanan internet jaringan tersebut.

Apa itu Internet Broadband?

Broadband internet merupakan koneksi internet domestik yang biasa disambungkan pada berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, atau laptop. Untuk kecepatan atau bandwidth akan dibagi-bagi berdasarkan jumlah pengguna atau perangkat yang tersambung.

Itu sebabnya kecepatan internet broadband akan berkurang jika terlalu banyak pengguna. Apalagi bila aktivitas digitalnya tergolong berat. Sebaliknya, performa kecepatan akan meningkat jika penggunanya lebih sedikit atau aktivitas digitalnya tergolong ringan.
Pemasangan internet broadband sendiri lebih dianjurkan untuk penggunaan domestik seperti di rumah, kos-kosan, atau usaha skala kecil dengan pengguna internet yang terbatas.

Apa itu Internet Dedicated?

Jenis internet ini umum digunakan di dunia bisnis berskala besar, seperti perkantoran dan co-working space. Internet dedicated memiliki bandwidth yang lebih besar guna menjamin performa koneksi tetap stabil ketika digunakan oleh banyak orang.

Dengan kata lain, pengguna internet dedicated tidak perlu mengkhawatirkan kecepatan internet akan melambat meski aktivitas digital berat dengan lalu lintas yang padat. Itu sebabnya jenis internet ini lebih dianjurkan untuk pelaku bisnis, area perkantoran, atau co-working space berskala besar yang bergantung pada stabilitas jaringan internet.

Perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated

Secara umum perbedaan kedua jenis layanan internet ini sudah dijelaskan di atas, namun untuk penjelasan lebih spesifiknya tentang apa perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated sebagai berikut.

  • Kecepatan Unduh dan Unggah

Internet dedicated memiliki bandwidth yang didedikasikan penuh untuk pengguna sehingga kecepatan download dan upload akan konsisten dengan rasio perbandingan bandwidth 1:1.
Alhasil, jenis internet ini lebih banyak diandalkan oleh para pengusaha dan pekerja supaya operasi bisnis tidak terhambat jaringan.

Berbeda dengan internet broadband dengan bandwidth yang dibatasi berdasarkan jumlah penggunanya. Sehingga kecepatan unduh dan unggah pun kurang stabil jika lalu lintas pemakaian terlalu tinggi.

  • Jaminan Service Level Agreement (SLA)

Pengguna internet dedicated akan mendapatkan jaminan Service Level Agreement (SLA). Jaminan tersebut bermanfaat ketika down atau gangguan koneksi yang menghambat operasional bisnis.
Masalah tersebut mampu diatasi dengan cepat dan
sistem SLA juga akan memberikan kompensasi jika tidak sesuai dengan ketentuan layanan yang di sertakan.

  • Biaya Langganan

Dari segi biaya berlangganan, internet broadband lebih terjangkau dari internet dedicated.
Tentunya ini sesuai dengan jumlah bandwidth, layanan, serta peruntukannya.
Dibanding internet dedicated.
Internet broadband merupakan opsi paling tepat dan hemat untuk internet rumahan atau pelaku bisnis kecil.
Akan tetapi, untuk perusahaan besar yang sistem operasionalnya menggunakan internet maka disarankan menggunakan internet dedicated.