Memahami Protocol OMCI ( ONU Manajemen Control )

Published by Falcom01 Thursday, 14 December 2023

Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja OMCI

ONU Management Control Interface (OMCI), pada dasarnya adalah protokol manajemen penghentian master-slave, di mana OLT adalah perangkat master dan ONT adalah perangkat slave.
Proses dasarnya adalah OLT mengirimkan pesan manajemen dan menunggu respons ONT. Setelah menerima respon atau batas waktu, ia terus mengeluarkan pesan berikutnya. OMCI memungkinkan penyedia layanan untuk membuat berbagai aplikasi dan layanan memanfaatkan PON (Pasiv Optic Network), termasuk suara, video dan data, serta fitur fleksibilitas tinggi.

Protokol OMCI berada pada tingkat kontrol tingkat tinggi sistem GPON, dan mengacu pada konfigurasi layanan tingkat tinggi dan manajemen kinerja. Protokol ITU-TG.984.4 mendefinisikan cakupan aplikasi dan mode aplikasi protokol OMCI dalam sistem GPON. Dalam mode GEM,
setiap pesan OMCI dienkapsulasi dalam bingkai GEM. Pesan OMCI terdiri dari 53 byte. Isi pesannya adalah: kunci GEM, pengidentifikasi terkait transaksi, jenis pesan, pengidentifikasi perangkat, pengidentifikasi pesan, konten pesan, dan bidang cuplikan CRC.

OMCI adalah protokol asinkron yang membantu mengidentifikasi OLT sebagai pengontrol Master dan pengontrol ONT dan Salve. Protokol OMCI berjalan melalui koneksi GEM yang dibuat selama inisialisasi ONT antara pengontrol ONT dan pengontrol OLT. Mekanisme transportasi yang sama digunakan oleh payload.
Pada dasarnya adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh OLT untuk mengonfigurasi, mengelola & Memantau ONU 
Dengan kata lain, OLT mengontrol ONT menggunakan OMCI. 
ONT dikelola oleh OLT dengan bantuan OMCI.

OMCI adalah protokol untuk pertukaran informasi antara OLT dan ONT yang ditentukan dalam standar GPON.
OMCI  digunakan untuk pengelolaan ONT oleh OLT di jaringan GPON diantaranya:

  • Manajemen konfigurasi:
    Data dikumpulkan menggunakan fitur manajemen konfigurasi dan sebagai tambahan, dukungan untuk mengidentifikasi/mengontrol dan mengirim data ke ONT.
  • Manajemen kesalahan:
    karena OH (Overheat) yang lebih sedikit, fitur manajemen kesalahan OMCI dapat mendukung kesalahan terbatas dan mengelolanya sesuai dengan itu, seperti indikasi kegagalan dalam jaringan langsung. Beroperasi seperti DCN seperti halnya jaringan transportasi optik.
  • Manajemen kinerja:
    Admin dapat Mengumpulkan dan meminta data kinerja seperti data layanan historis & lalu lintas data.
  • Manajemen keamanan.
    data dienkripsi di hilir dan admin bahkan dapat mengaktifkan/menonaktifkan mode enkripsi ini.